Trending nasionalregionalselebumumprakiraan cuacavirus coronajawa & baliinternasionallingkunganlifestylehukumbmkg

Rekomendasi Film dengan Karakter Polwan Inspiratif dalam Rangka Hari Polisi Wanita

Setiap tanggal 1 September kita merayakan Hari Polisi Wanita (Polwan). Di tahun 2021 ini, polwan di Indonesia telah resmi berdiri selama 73 tahun. Polwan sangatlah berjasa dalam melayani dan memberikan keamanan sepenuhnya bagi masyarakat Indonesia. Dianggap tidak sekuat polisi laki laki, polwan seringkalidipandang sebelah mataoleh masyarakat di berbagai negara di dunia.

Di era modern ini, seharusnya kualitas seseorang dalam pekerjaan tidak bisa sembarangan dinilai berdasarkan gender. Maka, demi mendorong apresiasi masyarakat terhadap pekerjaan polwan, beberapa film dan serial TV menghadirkan karakter polisi perempuan yang inspiratif. Karakter karakter perempuan tersebut menjadi gambaran yang kuat tentang kehidupan dan perjuangan polwan.

Berikut daftar karakter polwan inspiratif dari berbagai film dan serial televisi yang bisa menjadi inspirasi dan tontonan kamu di Hari Polisi Wanita ini. Hanya Manusia merupakan film drama yang rilis bulan November tahun 2019 lalu. Film ini menceritakan tentang perjuangan kelompok polisi dan pengorbanan yang mereka harus lakukan.

Film yang disutradari oleh Tepan Kobain ini menggandeng Prisia Nasution untuk memerankan Annisa, seorang polwan yang kuat dan berwibawa. Annisa berhasil mendobrak stigma yang mengatakan perempuan tidak bisa memimpin, apalagi di medan yang berbahaya seperti penangkapan komplotan penjahat. Karakter tersebut membuktikan bahwa perempuan mampu mengendalikan tim, bahkan hingga persenjataan, dan memastikan misi berjalan dengan baik.

Annisa bisa mengatur emosi dan tetap bekerja dengan seprofesional mungkin walaupun mendapat ancaman yang membahayakan keluarganya. Film ini menjadi gambaran yang apik soal pekerjaan polwan di Indonesia dan kesetaraan gender dalam organisasi kepolisian. Film ini menjadi legendariskarena selain sensasi misteri pembunuhan, banyak karakter yang ikonik yang inspiratif.

Marge Gunderson adalah karakter utama yang diperankan oleh Frances McDormand, menjadi sorotan utama karena sikapnya yang tegas dan keberaniannya. Marge Gunderson bukan hanya kepala polisi yang menyelidiki pembunuhan di pinggir jalan, tapi dia juga sedang hamil saat melakukannya. Marge menunjukkan keterampilan dan kecerdasan yang diperlukan untuk mengumpulkan bukti akurat yang membawa mereka pada tersangka.

Dia memberikan segalanya dalam mencari keadilan sambil tetap memiliki sikap keibuan yang hangat. Marge juga menjadi gambaran bahwa kondisi kita sebagai perempuan bukanlah penghalang untuk meraih mimpi dan tujuan. Pohon Terkenal mengambil kisah petualangan dan perjuangan tiga remaja yang baru saja masuk ke akademi kepolisian.

Memiliki ambisi kuat yang tidak mengenal gender, karakter Ayu yang diperankan oleh Laura Theux pun menjadi sorotan. Jadi perempuan satu satunya di geng pertemanannya membuat Ayu berkarakter tegas dan berani untuk membela diri sebagai perempuan yang memiliki mimpi menjadi polwan. Film yang disutradari Monty Tiwa dan Annisa Meutia ini merupakan bukti bahwa siapa pun dapat bermimpi untuk bekerja di kepolisan, termasuk perempuan.

Walaupun banyak konflik dengan keluarga, teman, dan diri sendiri, karakter Ayu pun tetap berhasil melewati tantangan untuk menjadi polwan yang tangguh. Film asal Korea Selatan ini mengangkat kisah Ji hye, seorang polisi perempuan yang diperankan oleh Lee Sung Kyung. Dalam film laga komedi ini, Ji hye dan saudaranya bekerja sama untuk menyelesaikan kasus seorang perempuan muda yang melakukan bunuh diri.

Memiliki kecerdasan dan keberanian, Ji hye akhirnya menemukan jaringan lelaki muda yang suka mengunggah video pemerkosaan di internet untuk mendapatkan uang. Karakter Ji hye yang jenaka membuat kualitasnya sebagai polisi dipertanyakan banyak orang, namun ia berhasil membuktikan bahwa di balik sikap cerianya, ada ketegasan dan keberanian. Karakter Ji hye juga dipuji oleh penonton karena mendobrak stigma bahwa perempuan yang lembut dan energik tidak memiliki wibawa.Dari daftar film di atas, mana yang sudah kamu tonton dan siapa karakter Polwan favoritmu? (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.