Trending nasionalregionalumumselebvirus coronajawa & baliinternasionalprakiraan cuacahukumlingkunganlifestylesumatera

Warga Maluku Diimbau Waspadai Potensi Tsunami Menyusul Gempa M 6,1

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 mengguncangPulau Seram diMalukupada Rabu (16/6/2021) siang. Mengutip , gempa terjadi sekitar pukul 11.43 WIB atau pukul 13.43 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau wargasegera menghindaripantai dan pergi ke tempat tinggi untuk mengantisipasi gempa susulan dan potensi tsunami.

Gempa susulan dan potensi tsunami tersebutdisebabkanoleh terjadinya longsor di bawah laut Maluku. Warga Maluku, terutamayang berada di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu yangkeduanya terletak diKabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, diimbau tetap waspada. Imbauan tersebut disampaikan BMKG lewat akun Twitter resminya pada Rabu siang ini.

"Waspadagempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor ke/di bawah laut (khususnya) bagi masyarakat (yang berada) di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu (di) Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku. (Harap) segera menjauhi pantai (dan pergi) menuju tempat tinggi,"kata BMKG, Rabu, seperti dikutip dari akun Twitter resminya. BMKGjugatetap memantau kemungkinan gempa susulan di wilayah tersebut. "BMKG terus memonitor gempa susulan,"ucap BMKG,seperti dikutip dari akun Twitter resminya.

BMKG : WASPADA Gempa Susulan dan Potensi TSUNAMI akibat longsor ke/di bawah laut bagi Masyarakat di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, P. Seram, Maluku. SEGERA menjauhi pantai menuju tempat tinggi BMKG terus memonitor gempa susulan. Meski gempanya sudah berlalu, namun warga Ambon diminta untuk tenang dan tetap waspada. Merekapun diimbau untukmenjauh dari bangunan yang retak akibat gempa, sebabkalau terjadi gempa susulan, maka bangunanitudapat roboh dan menimpa warga.

Rincinya, pusat gempa terdapatdi titik koordinat 3,39 derajat lintang selatan (LS) dan 129,56 derajat bujur timur (BT). Gempa dideteksi di kedalaman sepuluh kilometer danberada di 67 kilometer arah tenggara dari Kabupaten Maluku Tengah. Walaujaraknya dekat denganKabupaten Maluku Tengah, getaran gempaterasa puladi kabupaten kabupaten sekitarnya.

Kabupaten kabupaten sekitartersebut di antaranya Seram Bagian Timur (SBT) dan Seram Bagian Barat (SBB). Di Kabupaten Maluku Tengah, guncangan gempadirasakan diKecamatan Tehoru dan Kota Masohi. Guncanganterasa pula di Kota Bula di Kabupaten SBT dan diKecamatan Kairatu yang terletak diKabupaten SBB.

Tak hanya itu, ibu kota provinsi Maluku yakni Ambonikut merasakan getaran gempa ini. Guncangan gempa dilaporkan terasa selama sekitar sepuluh detik. Sampai saat ini, belum ada laporantentang korban lukaatau korban jiwa akibat gempa.

Meski demikian, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan seperti dindingatau lantainya yang retak besar. Namun, belum ada informasi resmimenyangkut berapa tepatnya rumah warga yangrusak karena gempadan tingkat keparahannya (ringan, sedang, atau berat). KalauKawan Puan berdomisili atau sedang berada diMaluku dan terdampak gempa, kamu harus tetap waspada dan jangan lengah, ya. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.