Trending nasionalregionalumumselebprakiraan cuacavirus coronainternasionaljawa & balilingkunganlifestylehukumcorona

5 Manfaat Habbatussauda Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Gigi Anda

Dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan gigi merupakan manfaat Habbatussauda atau biasa juga disebut dengan jintan hitam ini. Tanaman yang berasal dari Timur Tengah dan termasuk ke dalam golongan tanaman subtropis ini merupakan salah satu obat herbal yang ampuh.

Selain khasiatnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga mempunyai banyak manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga sangat layak untuk disediakan di rumah sebagai persediaan obat-obatan untuk berjaga-jaga.

 

5 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Diketahui manfaat Habbatussauda dalam menyembuhkan penyakit cukup manjur karena tanaman ini mengandung berbagai nutrisi. Kandungan obatnya  yang kaya akan protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin. 

Selain itu juga mengandung beberapa  jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol. Karena beragam nurtrisinya tersebut Habbatussauda dapat bermanfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

  • Sebagai Bahan Pembersih Gigi Dan Mulut

Karena mengandung anti bakteri yang sangat ampuh dalam melenyapkan plak gigi, menyegarkan nafas dan menguatkan gigi. Sehingga sering digunakan sebagai bahan pembersih gigi yang disertakan dalam gel pasta gigi agar mendapatkan manfaat Habbatussauda tersebut.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa biasanya nafas akan menjadi beraroma tidak sedap. Itulah sebabnya anda perlu menggunakan pasta gigi yang mengandung habbatussauda ini untuk mengatasinya. Selain mengurangi bau mulut juga mempunyai manfaat dalam memutihkan gigi.

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sebagaimana yang disebutkan diatas habbatussauda bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa tanaman ini mengandung thymoquinone dan flavonoid.

Dua kandungan tersebut sangat handal  dalam memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19. Bahkan kandungan antioksidan yang dimilikinya juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh.

Manfaat lainnya adalah mampu menangkal efek radikal bebas pemicu berbagai penyakit berbahaya. Contohnya adalah penyakit kanker dan penyakit degeneratif yang sangat mempunyai resiko sangat besar terhadap kematian.

  • Mampu Melawan Infeksi Bakteri Dalam Tubuh

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah kemampuannya dalam melawan infeksi bakteri yang terjadi dalam tubuh dengan mujarab. Contohnya adalah bakteri E. coli yang dapat menyebabkan diare atau P. aeruginosa yang menjadi sumber terjadinya pneumonia dan infeksi saluran kemih.

Sehingga ketika Anda mengalami diare anda dapat mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi jintan hitam. Anda tidak perlu memakan yang masih berbentuk asli, bisa dengan yang sudah diolah ke dalam bentuk yang lebih mudah dikonsumsi.

  •  Mengurangi Gejala Rheumatoid Arthritis

Habbatussauda juga sangat diandalkan oleh banyak penderita gejala rheumatoid arthritis yang merasa tertolong. Hal ini disebabkan efek anti peradangan yang dimilikinya sehingga minyak jintan hitam dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan sendi.

  • Mengobati Infertilitas Pria dan Kesehatan Reproduksi

Tak disangka, Habbatussauda juga mampu meningkatkan kualitas dari air mani pada pria yang menderita infertilitas. Kabar ini tentu sangat menggembirakan dan membawa harapan baru bagi para pria untuk mendapatkan keturunan sendiri.

Bahkan beberapa mnafaatnya untuk kesehatan reproduksi cukup banyak, diantaranya adalah:

  • Menyembuhkan keputihan.
  • Melancarkan menstruasi.
  • Menjaga peredaran darah pada organ reproduksi.
  • Mencegah ejakulasi dini.
  • Menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Meningkatkan libido.
  • Menjaga dan meningkatkan kualitas sel telur.
  • Meningkatkan kualitas sperma.
  • Menjaga sistem saraf reproduksi.
  • Mencegah ovulasi palsu.
  • Suplemen untuk program hamil.

Masih banyak lagi manfaat habbatussauda yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ketika mempunyai penyakit serius agar tidak menimbulkan komplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.