Trending nasionalregionalselebumumprakiraan cuacavirus coronajawa & baliinternasionallingkunganlifestylehukumbmkg

Mengetahui Perbedaan Waktu Masing-masing Zona di Indonesia

Perbedaan waktu di Indonesia memang sudah sepatutnya bisa diketahui dan dipahami. Hal ini tentunya bisa bermanfaat untuk berbagai hal yang ada kaitanya dengan waktu. Misalnya saja menyesuaikan jadwal pertemuan secara online antara teman yang ada di Indonesia bagian timur dan teman yang ada Indonesia bagian barat.

Dengan mempertimbangkan selisih waktu yang ada tentunya bisa diperoleh waktu yang lebih ideal untuk melakukan pertemuan sesuai dengan kesepakatan. Salah satu contoh perbedaan waktu yang bisa ditelaah adalah perbedaan waktu Jakarta dan Bali. Sebagaimana diketahui dua tempat ini sudah berada pada pulau yang berbeda dan berdasarkan zona waktu keduanya berbeda. Untuk mengetahui lebih lengkap seperti apa zona waktu yang ada di Indonesia, simak selengkapnya di bawah ini.

Zona Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)

Waktu Indonesia bagian Barat atau WIB diberlakukan untuk wilayah yang ada di seluruh Pulau Sumatera, seluruh Pulau Jawa, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Oleh karenanya ketika mengunjungi kota-kota seperti Bandung, Batam, Jakarta maupun Pontianak, maka perlu menyesuaikan waktu jam sesuai dengan zona yang berlaku. Dikarenakan ibukota negara Indonesia adalah Jakarta maka wilayah ini akan menjadi tolak ukur perbedaan waktu yang ada di seluruh dunia.

Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Selanjutnya ada zona waktu Indonesia  tengah (WITA). Adapun wilayah-wilayah yang masuk dalam zona waktu Indonesia bagian tengah adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Pulau Bali, pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Oleh karenanya apabila berpergian ke tempat-tempat ini, maka perlu untuk menyesuaikan waktu terlebih dahulu jika melakukan perjalanan dari tempat awal yang memiliki zona waktu berbeda dengan tempat tujuan.

Zona Waktu Indonesia Timur (WIT)

Selanjutnya ada zona waktu Indonesia timur atau yang disingkat dengan WIT. Adapun wilayah Indonesia yang termasuk dalam daerah waktu Indonesia bagian timur ini adalah Papua dan juga Maluku. Termasuk diantaranya untuk Maluku Utara dan Papua Barat. Untuk perbedaan waktu sendiri antara Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian barat adalah 2 jam sehingga jika di Indonesia bagian timur menunjukkan pukul 12 malam, maka di Indonesia bagian barat masih menunjukkan pukul 10 malam. Itu juga berarti bahwa Indonesia bagian timur lebih dulu 2 jam dibandingkan Indonesia bagian barat.

Untuk perbedaan zona waktu Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian tengah adalah 1 jam sehingga apabila di zona waktu Indonesia bagian tengah menunjukkan pukul 10 maka di Indonesia bagian barat akan menunjukkan pukul 9. Masing-masing zona waktu ini memiliki perbedaan 1 jam. Dengan mengetahui zona waktu itu, tentu juga bisa menjadi rujukan saat ingin berwisata. Misalnya saja ke lokasi Mandalika Lombok, maka zona waktunya adalah WITA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.